Minggu, 03 Februari 2013

My Kyu Story



How To Keep Loving You

Buat ELF (Super Junior’s fanclub) ataupun SparKyu (KyuHyun’s fanclub) tanggal 3 februari bukanlah tanggal yang asing. Bahkan mungkin di tunggu-tunggu selain tanggal 6 November. 3 Februari. Tepat pada tanggal tersebut, seorang Cho Kyuhyun mendapatkan hari ulang tahunnya. Terlalu berlebihan mungkin bagi sebagian orang, tapi bagi kalangan pecinta laki-laki ber-shio naga itu, hari ulang tahunnya merupakan perayaan yang wajib bagi kalangan fans setia.

Saya pertama kali melihat sosok pemuda tampan ini pada pertengahan tahun 2010 saat sebuah acara musik memutarkan video musik boyband bernama Super Junior. Pada saat itu, saya hanya tahu lagu western dan sedikit lagu Indonesia saja. Saya sama sekali tak tahu tentang musik K-POP atau apapun tentang musisi Korea. Mungkin saya hanya tahu Rain saja, itupun saya mengetahui nama Rain karena drama korea yang dibintanginya. Bukan karena Rain yang seorang penyanyi.

Music Video Super Junior pertama yang saya lihat adalah Bonamana dan sampai saat ini MV itu adalah MV terfavorit saya dari semua MV Super Junior yang pernah saya lihat. Saat melihat MV itu untuk petama kalinya, saya melihat pemuda itu. Saya hanya tahu jika saya menyukai rupa pemuda berambut cepak yang paling sering tersorot kamera. Meskipun tanpa banyak tersenyum dan hanya menampilkan wajah stoic miliknya. Saya telah memutuskan pemuda itu tampan dan saya menyukainya.

Sampai akhir tahun 2010 saya tidak memiliki cukup rasa ‘ketertarikan’ atas musik K-POP. Saya hanya suka melihat wajah pemuda ‘rambut cepak’ dalam MV Bonamana itu saja meskipun saya tidak tahu walau sekedar nama. Anggaplah, rasa suka saya timbul tenggelam. Timbul saat saya tak sengaja melihat pemuda ‘rambut cepak’ itu dalam MV yang di putar di televisi dan tenggelam saat saya tak lagi menjumpai wajahnya di layar kaca.

Tahun berganti, dari tahun 2010 menjadi tahun 2011. Tahun dimana saya memulai kegilaan saya akan seorang pemuda ‘rambut cepak’ dalam video musik yang serba hitam itu. Sampai saya berada pada satu titik dimana saya menyukai sebuah soundtrak lagu sebuah drama korea ‘Pasta’ yang dibintangi oleh Lee Sun Gyun. Sebelumnya saya sama sekali tak tahu jika pemuda ‘rambut cepak’ juga mengisi salah satu judul dalam rangkaian soundtrak drama ‘Pasta’. Dan bukan lagu ‘pemuda cepak’ itu yang saya inginkan, melainkan ending theme song ‘Lucky Day Every Single Day’. Dan saat saya penasaran, saya bisa menjadi sangat tak terkendali. Segera saja saya download lagu itu, beserta sebuah lagu OST. Pasta yang lain, entahlah saya ga tahu kenapa tapi waktu saya melihat list lagu ‘Kyuhyun – Listen To You OST. Pasta’ saya tanpa sadar ikut mengunduh lagu tersebut. Meskipun begitu, saya tidak serta merta mendengarkan lagu itu, tapi hanya saya simpan dalam memory handphone tanpa pernah saya putar penuh.

Sekitar bulan Juni tahun 2012. Tahun dimana saya memulai pencarian. Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya jika saya akan menjadi tak terkendali jika sedang dalam kadar penasaran akut. Dan bermula dari sebuah acara musik yang memutar MV Bonamana untuk kesekian kali ditambah pada saat itu saya sedang addict dengan drama korea ‘Pasta’. Mulai saat itulah saya memutuskan untuk mencari tahu siapakah pemuda ‘rabut cepak’ itu ?
Usaha pertama, saya mengamati video musik tersebut –lebih tepatnya saya hanya fokus pada pemuda ‘rambut cepak’. Saya mengamati wajahnya, ekspresi mukanya, bahkan sampai part lagu yang dia bawakan. Cukup sulit memang jika mengingat bahwa saat itu saya sama sekali tak tahu menahu tentang Korea dan segala hal tentangnya. Tapi, saya bersyukur satu hal, saya tidak bisa bahasa Korea tetapi saya tahu bahasa Inggris. Terima kasih banyak sudah memberikan part dengan lirik ‘How to keep loving you’. Karena itu adalah point utama saya mengetahui identitas pemuda ‘rambut cepak’ itu.

Awal mula, saya mencari artikel tentang Super Junior, dan saya mendapatkan nama-nama membernya. Tahukah jika awal mulanya saya mengira pemuda ‘rambut cepak’ itu adalah seorang Choi Siwon ? Bahkan saya masih suka ketawa sendiri jika mengingat kebodohan saya saat itu. Hanya karena terlalu banyaknya artikel tentang Super Junior yang di bintang utamai oleh Choi Siwon, saya langsung beranggapan jika pemuda itu adalah Choi Siwon. Alasannya, cukup masuk akal bukan jika saya mengira pemuda yang terlihat amat sering di banding member lainnya dalam MV Bonamana adalah bintang utama di setiap artikel ? Tapi kenyataan tak seindah bayangan logika. Langkah kedua, saya mencari gambar member Super Junior. Sekedar informasi, saya mempunyai ingatan yang mengkhawatirkan tentang mengingat wajah seseorang yang asing. Apalagi Super Junior yang bagi newbi seperti saya memliki rupa yang berubah-ubah di setiap penampilannya. Saya memutuskan untuk mencari gambar dengan keyword ‘Siwon’, ‘Siwon Bonamana’, ‘Siwon Super Junior’ dan entah apalagi yang lainnya. Sampai saya mendapat satu kesimpulan. Pemuda ‘rambut cepak’ itu bukanlah Choi Siwon. Karena meskipun ingatan saya rada kabur tapi setidaknya saya ga seburuk itu dalam mengenali wajah pemuda ‘rambut cepak’ itu. Lagipula, model rambut yang dipakai Siwon sangat berbeda dengan hairstyle Kyuhyun dalam MV Bonamana. Langkah ketiga, saya baru memutuskan untuk mengunduh lagu bonamana dan menyimpan dalam memory handphone saya. Dan, saya mengingat akan part pemuda itu dalam lagu Bonamana saat saya melihat video musik di hari yang lalu. Saya unduh lirik lagu Bonamana yang juga menyertakan nama penyanyi dan akhirnya saya sampai pada sebuah nama ‘Kyuhyun’. Ingat ‘How To Keep Loving You’ ?

Mendapat petunjuk, saya langsung mencari gambar screencaps dari MV Bonamana. Cukup menggunakan keyword ‘Kyuhyun Bonamana’ dan voila tertampillah berkotak-kotak gambar pemuda ‘rambut cepak’ itu. Alasan kenapa saya ga mengira kalau itu adalah Kyuhyun karena saat saya mencoba mencari gambar pertama kali dengan keyword ‘Kyuhyun’ saja. Gambar yang saya dapat berbeda sekali dengan tampilan kyuhyun pada saat filming MV Bonamana, jadi jangan salahkan saya yang saat itu masih sangat awam dengan Korea maupun Super Junior sehingga tak dapat mengenali seorang Kyuhyun Super Junior. Tapi jangan ditanya kalau sekarang, gambar dia blur dalam ukuran kecilpun saya bisa mengenali itu gambar Kyuhyun atau bukan ;).

Kyuhyun-ah.... meskipun saya sudah jarang bahkan nyaris ga pernah manggil kamu ‘oppa’ lagi selama setahun terakhir. Tak mengurangi bahkan menambah rasa addict saya ke kamu. Baiklah, karena hari ini ulang tahun kamu, saya kan mengalah untuk mengatakan ini.

현 오빠~~ 생일 축하해요! 난 당신을 사랑 ...
  
KyuHyun Bonamana MV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar